Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

20 June 2009

Install Windows XP pada Notebook Acer Aspire

Beberapa waktu yang lalu, saya disuruh menginstall Notebook Acer type Aspire, ada aspire 4370z, trus juga ada aspire 2930z, dan beberapa yang laen. permasalahan yang sering muncul saat instalasi adalah, windows XP tidak mau start pada waktu booting installasi, selalu muncul bluescreen dan driver untuk wireless LAN yang menggunakan Chipset Atheros tidak bisa berfungsi. karena pada Driver yang terdapat pada CD bawaan dari Acer tidak bisa digunakan. pada proses installasi sukses, tetapi driver tidak bekerja dengan semestinya.


untuk mengatasi bluescreen yang muncul saat installasi windows XP, adalah dengan cara masuk BIOS, kemudian setting SATA mode menjadi IDE atau IDE Native, bukan AHCI. karena default BIOS untuk SATA mode adalah AHCI. atau kalau ingin menggunakan mode AHCI, maka installer windows XP yang kita pakai, kita beri driver AHCI agar bisa booting installasi dengan sukses.

untuk mengatasi masalah driver Wireless LAN, akhirnya saya bertandang ke situsnya atheros untuk mencari driver. saya pun cukup senang karena menemukan driver yang saya anggap cocok, yaitu untuk chipset Atheros AR5B91. kemudian langsung saya unduh driver tersebut yang berupa .zip file. setelah proses unduhan selesai, langsung saya buka file zip tersebut, tapi ternyata file tersebut corupt. lalu tak unduh ulang, hasilnya tetap sama seperti itu. karena selalu corupt filenya, akhirnya saya ambil yang .inf tapi pada proses instalasi masih gagal juga.

karena gagal juga, akhirnya saya tanya ke mbah www.google.com untuk driver WLAN tersebut. yang akhirnya kurang lebih sampai 2 hari baru menemukan yang cocok dan langsung sukses di install. tapi sayangnya saya lupa saya dapat darimana driver tersebut, saya mengucapkan terima kasih pada yang membagi driver tersebut.

bagi pembaca yang juga mengalami permasalahan yang sama, anda bisa ambil driver atheros AR5B91 disini.

No comments:

Post a Comment

Isikan Komentar anda disini :